IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KEJOBONG PURBALINGGA

Siska, Apriliyani (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KEJOBONG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siska Apriliyani_Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 KejobongPurbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan secara menyeluruh mengenai bagaimana implementasi pembelajaran berdifernsiasi dalam pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Kejobong Purbalingga. Perkembangan internet dan teknologi yang kian pesat pada saat ini menjadikan munculnya sebuah inovasi baru yang berkaitan dengan pendidikan. Inovasi yang baru muncul saat ini yaitu tentang adanya kebebasan belajar/merdeka belajar. Kurikulum merdeka merupakan salah satu desain dalam pembelajaran yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk menciptakan suasana belajar yang tenang dan menyenangkan hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk bisa mengembangkan potensi alami yang ada dalam diri peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang mengakomodir, menuntun, dan menghargai keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian, peneliti mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kejobong. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam efektif diterapkan di SMP Negeri 1 Kejobong. Dengan tahap-tahap yang sesuai kurikulum merdeka serta respon siswa dan guru sangat antusias melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi terkhusus dalam Pendidikan Agama Islam. Tahap pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siska Apriliyani
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:45
Last Modified: 15 Jul 2024 04:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item