INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMP MA’ARIF NU 01 KEMRANJEN BANYUMAS

ngadiman, Ng (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMP MA’ARIF NU 01 KEMRANJEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text (Tesis)
Tesis_ Ngadiman 2024_Ok.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada beberapa masalah yang dihadapi Pendidikan di Indonesia, dimana out put pendidikan dinilai kurang menghayati nilai-nilai agama yang ditunjukkan dengan adanya kenakalan remaja. Internalisasi merupakan upaya menghayati dan mendalami nilai, agar tertanam dalam diri setiap manusia. Program full day school dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam hal ini nilai-nilai agama Islam dilaksanakan melalui perpaduan antara kurikulum nasional dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pembiasaan sholat sunah dhuha, sholat dzuhur dan ashar berjamaah, pendalaman ilmu al-quran, tahfiz juz amma, serta pembiasaan penerapan akhlakul karimah selama di lingkungan sekolah/madrasah. Sehingga peneliti tertarik untuk Internalisasi Nilai nilai Pendidikan Agama Islam melalui Program Full Day School di SMP Ma’arif NU 01 Kemranjen Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Mar’arif NU 01 Kemranjen. Adapuun penelitian berlangsung selama 3 bulan dari September sampai November. Peneltian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan. Dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian didapati bahwa SMP Ma’arif NU 01 Kemranjen Banyumas Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 01 Kemranjen nilai ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, nilai kecintaan kepada kitab suci, nilai sopan santun kepada orang tua, guru dan orang yang lebih tua, nilai ketulusan dan keihklasan dalam beramal, nilai kecintaan terhadap ilmu, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan dan nilai tanggung jawab kepada peserta didik. Hal-Hal diatas dilakukan agar siswa siswi SMP Ma’arif NU 01 Kemranjen tidak hanya menjadi manusia yang memiliki kognisi, afeksi, dan psikomotorik yang baik, melainkan menjadi pribadi yang religius sesuai dengan perintah Allah SWT dan Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internnalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Full Day School
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NGADIMAN NGADIMAN sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:02
Last Modified: 15 Jul 2024 05:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item