PENGARUH TRANSAKSI DIGITAL (E-WALLET), E-LIFES DAN TREN SOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA KETIKA BERBELANJA DI E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Purwokerto)

Septia, Wahyu Utami (2024) PENGARUH TRANSAKSI DIGITAL (E-WALLET), E-LIFES DAN TREN SOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA KETIKA BERBELANJA DI E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Septia Wahyu Utami_Pengaruh Transaksi Digital E-Wallet, E-Lifes dan Tren Sosial Media Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ketika Berbelanja di E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Revolusi industri membawa perubahan signifikan terhadap pola pikir, kebiasaan dan cara hidup manusia termasuk dalam dunia finansial teknologi. Banyak inovasi baru di dunia finansial, diantaranya penggunaan digital payment ketika melakukan transaksi jual beli. Adanya e-commerce sebagai platform belanja online hadir sebagai penyedia kebutuhan manusia yang memanfaatkan finansial teknologi yang melalui internet. Namun tidak hanya itu, produk finansial teknologi yang tidak kalah populer di kalangan anak muda ada dompet digital atau biasa dikenal dengan sebutan e-wallet yang seringkali memicu perilaku konsumtif karena berbagai fitur kemudahan yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa jauh pengaruh transaksi digital (e-wallet), e-lifes dan tren sosial media terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Purwokerto khususnya ketika berbelanja di e�commece. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisisoner sebagai data penelitian. Responden penilitian ini melibatkan mahasiswa aktif dari empat universitas yang ada di Purwokerto yakni UIN SAIZU, UNSOED, UMP dan UNWIKU. Penentuan populasi penelitian menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik stratified random sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantara variabel transaksi digital (e-wallet), tidak mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Purwokerto. Hal ini berbeda dengan variabel E-Lifes dan Tren Sosial Media yang pengaruhnya signifikan terhadap variabel dependen. Setelah dilakukan pengujian regresi ternyata variabel transaksi digital (e-wallet) koefesiennya negatif senilai (-0,030) dengan signifikansi sebesar 0,683 >0,050. Sehingga tidak mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Purwokerto. Namun berdasarkan nilai koefesien determinasi diperoleh hasil senilai 60,3% (0,603) hal ini menunjukan bahwa perilaku konsumtif dipengaruhi oleh variabel transaksi digital (e-wallet), e-lifes dan tren sosial media sebesar 60,3%. Sedangkan 39,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transaksi digital, Finansial teknologi, E-Lifes, Sosial media
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
000 Generalities > 080 General collections
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Septia Wahyu Utami
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:22
Last Modified: 15 Jul 2024 04:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item