Kriteria Pasangan Ideal dilihat dari Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri (Studi Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ)

Salma, Salma Aofia Zahro (2024) Kriteria Pasangan Ideal dilihat dari Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri (Studi Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Salma Aofia Zahro_Kriteria Pasangan Ideal dilihat dari Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri (Studi Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ḍau´u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ)..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dorongan dari Islam kepada umatnya untuk membentuk sebuah keluarga dan diharapkan menjadi media serta tempat yang sempurna untuk mendapat pahala serta ridho dari Alloh SWT. Oleh karena itu, pernikahan di dalam islam bisa disebut sebagai sesuatu yang sakral, jadi sebisa mungkin harus dijaga bahkan sampai maut memisakan. Apabila akad nikah telah sah dan berlaku, maka ia akan menimbulkan akibat hukum dan dengan demikian akan menimbulkan pula hak dan kewajiban sebagai suami istri. ketika suami istri tersebut telah melaksanakan kewajibannya masing-masing akan menjadikan keluarga yang damai, tentram, dan harmonis yang mejadikan pasangan tersebut sebagai pasangan ideal atau saling menyempurnakan satu sama lain. Oleh karena itu, peneliti mengangkat skripsi yang berjudul “Kriteria Pasangan Ideal dilihat dari Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri (Studi Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ)” peneliti berfokus pada pemikiran K.H Hasyim Asyari dalam karyanya. Fokus penelitian adalah bagaimana pemikiran K.H Hasyim Asy’ari dalam kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ tentang Hak dan Kewajiban suami istri yang mana bab tersebut ada pada bagian penutup kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ. Bagaimana pengaplikasian atau penerapan hak dan kewajiban suami istri agar menjadi pasangan ideal karena telah melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing dengan sebaik-baiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research), dengan obyek penelitian kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ dan di dukung oleh beberapa buku lain. Dari penelitian, penulis menemukan bahwa interaksi antara suami istri telah diatur oleh hukum-hukum syariat islam yang terkait dengan kehidupan berkeluarga. Ada kewajiban masing-masing yang harus dilaksanakan dan ada juga hak masing-masing yang harus dipenuhi. Pelaksanaan kewajiban masing-masing baik suami maupun istri secara tidak langsung akan menjamin pemenuhan hak keduanya. Kata kunci: Pasangan ideal, Hak dan kewajiban suami istri, Kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pasangan ideal, Hak dan kewajiban suami istri, Kitab Ḍau’u al-Miṣbāḥ Fī Bayāni Aḥkām an-Nikāḥ.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Salma Aofia Zahro sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:47
Last Modified: 15 Jul 2024 04:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26070

Actions (login required)

View Item View Item