KETAHANAN KELUARGA PADA PASANGAN PERNIKAHAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK PERSPEKTIF KEADILAN GENDER ( Studi di Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas)

Laksmita Nur, Zakia (2024) KETAHANAN KELUARGA PADA PASANGAN PERNIKAHAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK PERSPEKTIF KEADILAN GENDER ( Studi di Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Laksmita Nur Zakia-Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Pernikahan Penyandang Disabilitas Sensorik Perspektif Keadilan Gender ( Studi di Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketahanan keluarga merupakan suatu kemampuan dalam mengelola sumber daya dalam menangani masalah yang dialami anggota keluarga, dalam fungsi keluarga, keluarga seharusnya menjadi tempat paling aman, damai, dan tentram bagi seluruh anggota keluarganya namun faktanya dalam ketahanan keluarga penyandang disabilitas sensorik di kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas ini masih adanya ketidakadilan gender yang mengakibatkan beban ganda pada ketahanan keluarga ini yang disebabkan karena kurangnya aspek ketahanan fisik yang menyebabkan istri harus ikut bekerja untuk mencukupi kebutuhan pangan dan sandang serta adanya stereotype dengan anggapan bahwa tugas istri hanya mengurus keperluan rumah tangga maupun mengurus anak yang menjadikan kurangnya aspek ketahanan fisik dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Kecamatan Purwokerto Barat Penelitian ini menggunakan pendekatan normative empiris dimana pendekatan ini merupakan suatu penelitian hukum yang berdasarkan pada teori dan doktrin hukum. Penelitian ini mengacu pada hukum yang tertulis, pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara dengan lima pasangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan menggunakan tahap reduksi data melibatkan pemilihan, pemusatan, dan penyederhanaan data. Data yang sudah disederhanakan kemudian disusun secara sistematis untuk mempermudah penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa ketahanan keluarga penyandang disabilitas sensorik di Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, dapat dilihat melalui aspek fisik, sosial, dan psikologis. Ditinjau dari perspektif keadilan gender bahwa meskipun memiliki keterbatasan, keluarga ini mampu memenuhi kebutuhan dasar, menanamkan nilai agama, dan menjaga keharmonisan melalui komunikasi dan kesabaran. Meskipun dari aspek fisik yang kurang tercukupi sehingga adanya ketidakadilan gender dalam ketahanan ini. tetapi dalam ketidakadilan gender ini tidak ditemukannya kekerasan dalam rumah tangga,marginalisasi,dan subordinasi dengan beberapa keluarga mengatasi tantangan melalui kerjasama yang adil dan transparansi keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Keluarga, Penyandang Disabilitas Sensorik, Keadilan Gender
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Laksmita Nur Zakia sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:59
Last Modified: 15 Jul 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26063

Actions (login required)

View Item View Item