KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK (Studi Kasus Anak Pengguna Gadget Yang Taat Dengan Agama Di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes

Dani, Khaerul Wafa (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK (Studi Kasus Anak Pengguna Gadget Yang Taat Dengan Agama Di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_2017102030_Dani Khaerul Wafa fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam konteks penggunaan gadget, dengan fokus pada anak yang menjalankan kewajiban beragama. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana interaksi antara orang tua dan anak pengguna gadget memengaruhi pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari anak di Desa Kalilangkap, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan beberapa orang tua dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku anak terkait dengan penggunaan gadget dan praktik agama di Desa Kalilangkap, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.. Hasil penelitian dalam kasus ini yaitu peneliti mengambil lima informan yang memiliki anak pengguna gadget yang taat beragama di Desa Kalilangkap, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Peneliti juga memberikan point-point seperti penggunaan gadget pada anak, komunikasi interpersonal orang tua dalam menanamkan sifat taat beragama pada anak pengguna gadget, tindakan antisipasi orang tua dalam menghindarkan pengaruh gadget pada anak yang taat beragama, analisis hasil penelitian dengan teori komunikasi interpersonal menurut beberapa tokoh serta analisis hasil penelitian dengan nilai-nilai islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, orang tua, anak pengguna gadget, anak taat Bergama.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dani Khaerul Wafa sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:56
Last Modified: 15 Jul 2024 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item