MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS TERPADU DARUL QUDWAH TEGAL

Nadhifah, Al Azwi (2020) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS TERPADU DARUL QUDWAH TEGAL. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadhifah Mizana_MBS Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam pelaksanaannya selama ini dikenal sebagai usaha yang berbentuk bimbingan terhadap anak didik guna mengantarkan anak ke arah pencapaian cita-cita tertentu dan proses perubahan tingkah laku ke arah yang lebih. Di antara solusi yang perlu diperhitungkan dan diupayakan dalam membentuk kepribadian dan perubahan tingkah laku ialah melalui pendidikan agama baik secara formal di sekolah maupun secara non formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Langkah penelitian diawali dengan mengumpulkan seluruh data yang didapat pada wawancara mendalam, catatan observasi, foto kegiatan, foto dokumen, data kurikulum, data pengajar dan juga murid. Data kemudian dibaca dan ditulis berdasarkan dengan rumusan masalah, menghubungkan setiap sub poin dengan data pokok yang kemudian diinterpretasikan dalam bentuk kalimat. Hasil temuan penelitian pada MTs Terpadu Darul Qudwah Tegal, Dalam proses pembelajaran di sekolah ini sudah mengikuti sesuai prosedur manajemen kurikulum yaitu menggunakan Silabus dan RPP dalam proses pembelajaran berlangsung, mengabsen ketika memulai pembelajaran untuk mengetahui siapa saja siswa yang tidak masuk pada hari tersebut dan mengevaluasi pembelajaran agar mengetahui dimana letak kesulitan siswa dalam proses pembelajaran. Kurikulum K-13 sangat cocok diterapkan pada sekolah ini, karena sekolah yang baik yaitu sekolah yang mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum yang bersifat dinamis dan merupakan kurikulum kebutuhan siswa untuk mengembangkan kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan datang. Program pengajaran yang sudah diterapkan, yaitu: guru sudah menerapkan program pembelajaran kepada peserta didik dan guru sudah menekankan pada fenomena-fenomena alam, sosial, budaya dan seni melalui pendekatan siswa. Pada sekolah ini juga tenaga pendidik sudah memenuhi atau mengikuti sesuai peraturan yang ada dan proses pengajaran yang diterapkan juga sudah sesuai dengan proses pembelajaran yang ada di kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadhifah Mizana Al Azwi Al Azwi
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:39
Last Modified: 16 Jul 2024 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item