ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 4 MI MA’ARIF NU KEDUNGRANDU PATIKRAJA BANYUMAS

UCI, WAKHYUNDARI (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 4 MI MA’ARIF NU KEDUNGRANDU PATIKRAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H.SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Uci Wakhyundari_Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 4 di MI Ma'arif NU Kedungrandu Patikraja Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum di Indonesia sering mengalami perubahan didasarkan pada kebutuhan yang sering berubah-ubah dan mengikuti kemajuan teknologi, sudah sebelas kali kurikulum di Indonesia mengalami perubahan salah satunya yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka baru di terapkan di sekolah MI Ma’arif NU Kedungrandu Patikraja Banyumas di kelas 1 dan kelas 4 saja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan kurikulum Merdeka belajar pada proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas 4 MI Ma’arif NU Kedungrandu Patikraja Banyumas Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori reduksi data, penyajian data serta Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini tentang analisis komponen pada modul ajar, hasil perencanaan pembelajaran kurikulum Merdeka berfokus pada siswa, dan implementasi karakteristik pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Hasil Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 4 Di MI Ma’arif NU Kedungarndu Patikraja Banyumas para siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas tidak hanya mengandalkan pengajaran dari guru saja, hal ini dapat menciptakan rasa aktif dan kreatif bagi para siswa nantinya. Kata kunci: Analisis, Kurikulum Merdeka,Penerapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kurikulum Merdeka,Penerapan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uci Wakhyundari sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:25
Last Modified: 15 Jul 2024 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26023

Actions (login required)

View Item View Item