MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN SAINS DAN RISET DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI MAN 2 BANYUMAS

Sinta, Nur Hidayah (2024) MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN SAINS DAN RISET DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI MAN 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sinta Nur Hidayah_Manajemen Program Unggulan SAINS dan RISET dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di MAN 2 Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah rendahnya prestasi akademik siswa. Prestasi akademik adalah besarnya bahan penguasaan bahan pelajaran yang telah dicapai siswa yang diwujudkan berupa nilai. Indikator prestasi akademik siswa meliputi nilai rapot, indeks prestasi akademik, angka kelulusan, predikat kelulusan, dan waktu tempuh Pendidikan. Dengan adanya indikator tersebut dapat mengukur prestasi akademik siswa. Rendahnya prestasi akademik siswa harus segera diatasi dengan diadakannya program unggulan supaya bisa meningkatkan prestasi siswa. Program unggulan didesain untuk mendorong siswa mengeluarkan potensi secara maksimal dan meningkatkan prestasinya. Untuk itu pada lembaga pendidikan formal dan nonformal yang mempunyai program unggulan harus ada manajemen yang baik, tertib dan terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program unggulan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di MAN 2 Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program unggulan di MAN 2 Banyumas telah menerapkan fungsi manajemen di dalamnya. Perencanaan program unggulan dapat dilihat dari beberapa tahap diantaranya, tahap menyiapkan secara sistematis melalui perumusan tujuan program unggulan, tahap pemilihan program yang akan diambil dan tahap pemetaan minat siswa. Untuk tahap pemilihan program, pihak madrasah memutuskan untuk mengambil dua program yaitu program SAINS dan program Riset. Sedangkan untuk tahap pemetaan minat siswa, untuk proses seleksi siswa yang akan mengikuti program unggulan ini ditunjukan untuk siswa yang berprestasi dan memiliki nilai rapot berpredikat A (Matematika, Ipa, Bahasa inggris, Bahasa Indonesia). Pengorganisasian program melalui beberapa tahap yaitu menentukan tugas, membagi tugas kepada individu, serta mengalokasikan sumber daya. Pelaksanaan program dilaksanakan dengan cara memberi motivasi untuk mencapai tujuan, memberikan kesempatan untuk pengembangan diri melalui pelatihan, pengarahan dilakukan dengan memberi petunjuk yang benar. Pengawasan atau evaluasi dilakukan dengan cara penetapan standar dan pengukuran pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Unggulan, Prestasi Akademik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sinta Nur Hidayah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:58
Last Modified: 15 Jul 2024 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26008

Actions (login required)

View Item View Item