PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI NURUL AMIN AL-HIDAYAH KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP

BASIRAN, . (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI NURUL AMIN AL-HIDAYAH KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PAK BASIRAN FULL COVER -DAPUS PRINT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Nurul Amin Al-Hidayah Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya khazanah serta kajian terkait Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitin ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas 3 dan 5, dan peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Nurul Amin Al-Hidayah Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual telah membawa dampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Nurul Amin Al-Hidayah. Melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang interaktif, dan penilaian yang teliti, guru berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan memperjelas konsep-konsep abstrak dengan menggunakan berbagai media visual. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan akses teknologi dan kurangnya pelatihan bagi guru tetap perlu diatasi. Solusi seperti pelatihan bagi guru, peningkatan infrastruktur, dan pengembangan konten lokal menjadi kunci untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran IPS di masa depan. Dengan upaya berkelanjutan, diharapkan pembelajaran IPS di MI Nurul Amin Al-Hidayah dapat lebih efektif dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio visual, dan Materi Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Basiran Basiran sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:53
Last Modified: 15 Jul 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26003

Actions (login required)

View Item View Item