PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI IPS DI MI YA BAKII KESUGIHAN 01 KABUPATEN CILACAP

TOIFATUN, NANGIMAH (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI IPS DI MI YA BAKII KESUGIHAN 01 KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FULL COVER-DAPUS BU TOIFAH PRINT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang Penerapan media pembelajaran pada materi IPS di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Kabupaten Cilacap. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya khazanah serta kajian terkait Penerapan media pembelajaran pada materi IPS . Penelitin ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 3 dan 5, dan peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Penerapan media pembelajaran pada materi IPS di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan media pembelajaran IPS di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Kabupaten Cilacap melibatkan berbagai jenis media untuk meningkatkan pemahaman siswa. Prosesnya dimulai dengan identifikasi kebutuhan, Penerapan konten, dan pengujian selama pembelajaran. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, solusi diterapkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan memberikan pelatihan kepada guru. Akhirnya, evaluasi dilakukan untuk memastikan efektivitas media dalam mencapai tujuan pembelajaran dan perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, dan Materi Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Toifatun Nangimah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:48
Last Modified: 15 Jul 2024 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26000

Actions (login required)

View Item View Item