PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN ETIKA BERBUSANA MUSLIMAH DI SMK MA'ARIF NU 02 AJIBARANG BANYUMAS

Liya, Maqnu'ah (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN ETIKA BERBUSANA MUSLIMAH DI SMK MA'ARIF NU 02 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Liya Maqnu'ah_Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Etika Berbusana Muslimah di SMK Ma'arif NU 02 Ajibarang Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Etika Berbusana Muslimah Di SMK Ma’arif NU 02 Ajibarang Banyumas” dengan permasalahan yang terletak pada: 1). Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Etika Berbusana Muslimah Di SMK Ma’arif NU 02 Ajibarang Banyumas, 2). Bagaimana Etika Berbusana Muslimah bagi peserta didik di SMK Ma’arif NU 02 Ajibarang Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan atau jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Penelitian ini bersifat deskriptif dimana penelitian dilakukan untuk memperoleh data, fakta, dan informasi yang akan diteliti secara menyeluruh, luas, dan mendalam. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan informasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan beberapa jawaban dari permasalahan yang ada dalam Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan etika berbusana muslimah di SMK Ma’arif NU 02 Ajibarang Banyumas. Dapat disimpulkan bahwa Etika Berbusana Muslimah khususnya untuk peserta didik perempuan yaitu menutup aurat, pakaian yang tidak transparan, menutupi area dada dan bagian belakang, tidak ketat/longgar. Peran guru pendidikan agama Islam sebagai tenaga pendidik berperan dalam menanamkan kesadaran agar peserta didik mengetahui betapa pentingnya berbusana muslimah dalam kehidupan sehari-hari. Dari beberapa yang belum mengikuti penerapan etika berbusana muslimah dengan alasan bahwa: 1) Menggunakan busana muslimah khususnya untuk hijab, menyebabkan rambut rontok, 2) Tidak nyaman ( kepanasan ), 3) Belum siap dalam menggunakan busana muslimah yang istiqomah. Dari permasalahan ini peneliti dapat membantu dalam menghilangkan atau mengatasi etika berbusana muslimah dengan menanamkan kesadaran serta memberikan pemahaman bahwa berbusana muslimah adalah anjuran agama Islam terutama terhadap perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Etika Berbusana Muslimah.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Liya Maqnu'ah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:16
Last Modified: 15 Jul 2024 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25989

Actions (login required)

View Item View Item