EFEKTIVITAS MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA

Diyah, Lestari (2024) EFEKTIVITAS MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DIYAH LESTARI_EFEKTIVITAS MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MA'ARIF NU 1 PATIKRAJA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan karena kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik di MTs Ma'arif NU 1 Patikraja masih tergolong sangat rendah, di mana skor rata-rata tes pendahuluan kemampuan pemahaman konsep matematika adalah 36 dari skor maksimal 100. Pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan peserta didik bosan dan kurang fokus saat pembelajaran, sehingga mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematika mereka. Sehingga, perlu adanya variasi model pembelajaran yang lebih melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika, yaitu model Conceptual Understanding Procedures. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas model Conceptual Understanding Procedures terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII MTs Ma'arif NU 1 Patikraja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 63,53 % yang berarti cukup efektif dan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 39,36 % yang berarti tidak efektif. Karena nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa model Conceptual Understanding Procedures efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII di MTs Ma'arif NU 1 Patikraja. Kata kunci: Conceptual Understanding Procedures, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Conceptual Understanding Procedures, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Diyah Lestari sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:10
Last Modified: 15 Jul 2024 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25979

Actions (login required)

View Item View Item