TOLERANSI BERAGAMA PADA PODCAST THE LEONARDO'S EPISODE KENAPA PERSAINGAN AGAMA JADI EJEKAN (ANALISIS NARASI TZVETAN TODOROV)

Annisaa, Istiqomah (2024) TOLERANSI BERAGAMA PADA PODCAST THE LEONARDO'S EPISODE KENAPA PERSAINGAN AGAMA JADI EJEKAN (ANALISIS NARASI TZVETAN TODOROV). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Annisaa Jazirotul Istiqomah_Toleransi Beragama Pada Podcast The Leonardo's Episode Kenapa Persaingan Agama Jadi Ejekan (Analisis Narasi Tzvetan Todorov).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Isu toleransi beragama sering kali dianggap tabu karena sangat sensitif. Sebab keyakinan agama adalah bagian mendasar dari identitas banyak orang, dan mendiskusikan atau mempertanyakan aspek-aspeknya bisa memicu reaksi emosional yang kuat. Tanpa toleransi, perbedaan agama dapat memicu konflik dan kekerasan. Membangun toleransi beragama adalah upaya penting untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis narasi toleransi beragama dalam podcast YouTube "The Leonardo’s," khususnya pada episode "Journey of Life Season 2: Kenapa Persaingan Agama Jadi Ejekan," dengan menggunakan teori narasi Tzvetan Todorov. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, jenis penelitian menggunakan library research, dengan memanfaatkan analisis narasi model Tzvetan Todorov yang meliputi tahap-tahap keseimbangan awal, gangguan, , dan keseimbangan baru. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana narasi toleransi agama pada podcast the Leonardo’s episode "Journey of Life Season 2: Kenapa Persaingan Agama Jadi Ejekan," Hasil penelitian menunjukkan pada alur awal, alur tengah, dan alur akhir terdapat empat unsur toleransi beragama yang meliputi memberikan kebebasan, mengakui hak orang lain, menghargai keyakinan orang lain, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Kata Kunci : Narasi, Toleransi Beragama, Podcast, The Leonardo’s.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Narasi, Toleransi Beragama, Podcast, The Leonardo’s.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Annisaa Jazirotul Istiqomah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:41
Last Modified: 15 Jul 2024 04:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item