MUBADALAH SEBAGAI KUNCI KEHARMONISAN PADA PASANGAN SUAMI ISTRI KARIER (STUDI KASUS DESA SIRAU KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS)

Nadiyatul, 'Ulya (2024) MUBADALAH SEBAGAI KUNCI KEHARMONISAN PADA PASANGAN SUAMI ISTRI KARIER (STUDI KASUS DESA SIRAU KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadiyatul 'Ulya_Mubadalah Sebagai Kunci Keharmonisan Pada Pasangan Suami Istri Karier (Studi Kasus Desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam perkawinan setiap pasangan mempunyai tujuan yang sama yakni untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Mewujudkan rumah tangga yang harmonis harus didasari dengan konsep mubadalah antara suami dan istri. Konsep mubadalah adalah bentuk kesalingan dan kerja sama antar dua pihak (suami dan istri) yang saling mengganti, saling mengubah, dan saling menukar satu sama lain, sehingga saling melengkapi dalam kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep mubadalah atau kesalingan pasa pasangan suami istri karier dan untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan konsep mubadalah terhadap keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri karier. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan lokasi penelitian di Desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Peneliti menggunakan pendekatan sosiologis dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah semua data yang diperlukan terkumpul, maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pasangan suami istri karier di Desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas menerapkan konsep mubadalah atau kesalingan sebagai kunci keharmonisan dalam rumah tangganya. Penerapan konsep mubadalah dapat dilakukan dengan membangun kesadaran akan pentingnya peran suami dan istri dalam menjaga keharmonisan dan keselamatan dalam rumah tangga. Selain itu, penerapan konsep mubadalah dalam rumah tangga pada pasangan suami istri karier dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam kehidupan rumah tangga, khususnya pada pasangan suami istri karier dengan kesibukan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mubadalah, Keharmonisan, Suami Istri Karier
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nadiyatul 'Ulya sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:56
Last Modified: 15 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25955

Actions (login required)

View Item View Item