UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SISWA DI MI DARUL HIDAYAH WATUJAYA KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Elma, Delia Utami (2024) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SISWA DI MI DARUL HIDAYAH WATUJAYA KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ELMA DELIA UTAMI_Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MI Darul Hidayah Watujaya Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan moralitas siswa merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Kualitas pendidikan sangatlah penting dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas yang bermoral baik. Penurunan karakter terutama pada karakter disiplin siswa dapat menghambat pencapaian tujuan pendidikan dan berdampak negative pada kualitas hidup manusia. Pentingnya karakter disiplin dimiliki oleh siswa untuk mencapai prestasi belajar yang optimal, mengembangkan karakter yang baik, dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Oleh sebab itu upaya untuk memperkuat pendidikan moral dan karakter di sekolah harus menjadi prioritas utama. Kehawatiran permasalahan tentang sikap disiplin sering kali mencakup ketidak konsistenan dalam penerapan aturan, kurangnnya teladan dari orang dewasa, pengaruh negative dari lingkungan sekitar serta minimnya pemahaman dan dukungan dari orang tua dalam menanamkan nilai-nilai disiplin pada anak. Berangkat dari hal itu dalam mencapai tujuan pendidikan dan membentuk kualitas sumber daya manusia diperlukannya upaya dalam membentuk karakter disiplin pada siswa. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MI Darul Hidayah Watujaya Kecamatan Bumiayau Kabupaten Brebes. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas dan siswa. Temuan penelitian ini menjelaskan ada enam upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di MI Darul Hidayah melalui beberapa upaya diantaranya dengan pembiasaan, peraturan, penugasan, keteladanan, memberikan peringatan, dan pemberian apresiasi dan hukuman. Membentuk karakter disiplin pada siswa dibutuhkan upaya yang berkelanjutan bukan hanya dari guru, dan sekolah tetapi juga diperlukannya peran orang tua. Peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin sangat diperlukan sebagai penguatan dan penerapan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di sekolah. Kata Kunci : Upaya Guru, Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Upaya Guru, Karakter Disiplin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elma Delia Utami sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:52
Last Modified: 15 Jul 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25948

Actions (login required)

View Item View Item