TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DI ATAS PENAWARAN ORANG LAIN DENGAN KETERLIBATAN MAKELAR (Studi Kasus di Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas)

Laelatul Rizqi, Maulidaningrum (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DI ATAS PENAWARAN ORANG LAIN DENGAN KETERLIBATAN MAKELAR (Studi Kasus di Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELATUL RIZQI MAULIDANINGRUM_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DI ATAS PENAWARAN ORANG LAIN DENGAN KETERLIBATAN MAKELAR (Studi Kasus di Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas)_compres.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas terdapat praktik jual beli di atas penawaran orang lain dengan keterlibatan makelar. Praktik jual beli tersebut melibatkan pihak penjual, pembeli dan makelar. Kedudukan makelar dalam praktik jual beli ini sebagai penghubung komunikasi antara penjual dan pembeli, selain itu juga makelar membantu untuk mencarikan pembeli, mempromosikan barang jual beli. Pada praktik jual beli dan kedudukan makelar tentunya terdapat rukun dan syarat jual beli, rukun dan syarat kedudukan makelar dan keabsahan akad jual beli. Akan tetapi pada praktiknya setelah adanya tawar-menawar untuk mencapai suatu kesepakatan, terdapat hambatan yaitu adanya pihak pembeli dan makelar lain yang tidak tercantum pada perjanjian. Dengan cara menawar harga lebih tinggi dan mempengaruhi pihak penjual untuk membatalkan kesepakatan perjanjian awal. Oleh karena itu praktik jual beli di atas penawaran orang lain dengan keterlibatan makelar berpotensi merugikan salah satu pihak yang bertransaksi dan dapat menimbulkan perselisihan. Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah field research yaitu metode deskriptif kualitatif dimana pada penelitian ini memperoleh data dari primer dan sekunder. Lokasi penelitian skripsi, subjek dan objek penelitian skripsi. Metode pengumpulan data berupa wawancara menggunakan teknik purposive sampling, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data pada skripsi ini penulis menggunakan analisis data kualitatis dan metode berpikir pada skripsi ini menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli tersebut tidak sah berdasarkan tinjauan hukum Islam secara normatif, karena syarat dan rukun tidak terpenuhi dengan sempurna. Praktik transaksi jual beli di atas penawaran orang lain dengan keterlibatan makelar juga dilarang oleh hadis Rasulullah yang melarang penawaran di atas penawaran orang lain dan bertentangan dengan asas jual beli yaitu asas saling rela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Penawaran, Makelar, Saling Rela, Hukum Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Laelatul Rizqi Maulidaningrum sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:17
Last Modified: 13 Jul 2024 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25906

Actions (login required)

View Item View Item