PERAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIGITAL (Studi Pada Channel Youtube Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto)

Lailatus, Sholihat (2024) PERAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIGITAL (Studi Pada Channel Youtube Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAILATUS SHOLIHAT_PERAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIGITAL (Studi Pada Channel Youtube Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet telah menjalar ke seluruh sendi kehidupan manusia, memberikan berbagai kemudahan yang terbebas dari batas ruang dan waktu. Internet sebagai media komunikasi berperan besar dalam terbentuknya media digital, yang kini banyak digunakan sebagai alat komunikasi karena dirasa lebih efektif dan efisien. Media digital tidak hanya digunakan untuk komunikasi sehari-hari tetapi juga sebagai media untuk menyiarkan ajaran Islam, yang dikenal dengan istilah dakwah digital. Penggunaan media digital sebagai sarana penyiaran ajaran Islam memberikan peluang besar bagi para pelaku dakwah untuk mengembangkan pengaruhnya. Potensi ini dimanfaatkan oleh Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto, yang menggunakan berbagai platform media digital salah satunya Youtube, untuk menyebarkan ajaran Islam. Youtube merupakan sebuah platform di mana memungkinkan untuk dapat mengunggah atau berbagi video. Youtube juga telah menjadi fenomena yang mendunia. Berdasarkan fenomena tersebut, ternyata youtube sudah banyak dimanfaatkan sebagai media dakwah umat muslim untuk menyampaikan kajian-kajian Islami melalui video. Da’i dapat memanfaatkan Youtube dengan merekam ceramahnya menggunakan kamera, kemudian diunggah maka akan menarik banyak perhatian masyarakat, bahkan lebih banyak dari mereka yang menyaksikannya dapat diulang berulang kali untuk ditonton di mana saja. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana Peran Youtube sebagai media dakwah digital? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran media sosial Youtube Pesantren Darussalam sebagai media untuk berdakwah. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode analisis data. Yang mana dalam proses mencari dan menyusun datanya dilakukan secara sistematis dengan menggunakan data lapangan, dokumentasi ataupun catatan yang diperoleh oleh penulis. Kemudian penulis kelompokan mana yang penting dan yang akan dipelajari untuk membuat kesimpulan dan dapat dijadikan keputusan yang objektif. Hasil penelitian ini adalah berdakwah atau menyiarkan agama Islam dengan memanfaatkan media sosial Youtube merupakan jembatan bagi kemajuan tekhnologi dengan bentuk audio visual, maka Youtube dapat dijadikan salah satu pilihan aktivis dakwah dalam audio visual. Dakwah melalui media sosial youtube memiliki banyak keuntungan bagi para pendakwah. Dakwah melalui media sosial Youtube tidak memerlukan biaya yang banyak, jika dibandingkan berdakwah secara langsung (tatap muka), cukup membuat rekaman video yang dapat diupload di media sosial Youtube dan dapat dilihat oleh masyarakat luas. Hal ini juga mengurangi kehawatiran sebagai mad’u yang masih belum mengetahui atau yang tidak menghadiri kajian, dapat melihat video yang telah diunggah ke dalam akun Youtube Pesantren Darussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digital, Pesantren, Media Dakwah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lailatus Sholihat sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 02:10
Last Modified: 13 Jul 2024 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item