Pengaruh Kemudahan, Manfaat dan Risiko Transaksi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan QRIS BSI Mobile (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BSI KC. Pemalang yang Belum Menggunakan Mobile Banking BSI)

Aistutika, Duriatul Khoeriyah (2024) Pengaruh Kemudahan, Manfaat dan Risiko Transaksi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan QRIS BSI Mobile (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BSI KC. Pemalang yang Belum Menggunakan Mobile Banking BSI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aistutika Duriatul Khoeriyah_2017202211(Revisi).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah metode pembayaran yang memanfaatkan kode QR Bank Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran digital di Indonesia. Bank Syariah Indonesia telah mengintegrasikan QRIS ke dalam aplikasi mobile banking mereka yang dikenal sebagai aplikasi BSI Mobile. QRIS Bank Syariah Indonesia memberikan keuntungan seperti kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi menggunakan QR BSI,serta sistematika transaksi yang lancar dan ringkas tanpa perlu perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemudahan, manfaat dan risiko transaksi melalui media pembayaran QRIS pada aplikasi BSI Mobile dapat berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan QRIS tersebut. Subyek penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu nasabah Bank BSI KC. Pemalang yang belum menggunakan QRIS sebagai media pembayaran digital pada aplikasi BSI Mobile. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling jenis purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa kuesioner yang disebar melalui Google Form kepada 100 responden dan juga data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal maupun website. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan alat bantu berupa SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan, manfaat dan risiko transaksi berpengaruh secara positif terhadap minat nasabah Bank BSI KC. Pemalang menggunakan QRIS BSI Mobile. Sedangkan berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel terikat yang dibuktikan dengan nilai Fhitung >Ftabel sebesar (676,522 > 2,70) dan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 95,5% yang artinya 95,5% variasi pada minat nasabah menggunakan QRIS BSI Mobile dipengaruhi oleh 3 variabel bebas, yaitu: Kemudahan (X1), Manfaat (X2) dan Risiko Transaksi (X3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, Manfaat, Risiko Transaksi, QRIS, BSI Mobile
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Aistutika Duriatul Khoeriyah sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 02:15
Last Modified: 13 Jul 2024 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25887

Actions (login required)

View Item View Item