JUAL BELI BELUT DENGAN SISTEM SLOT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas)

Dena, Dena (2024) JUAL BELI BELUT DENGAN SISTEM SLOT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DENA_JUAL BELI BELUT DENGAN SISTEM SLOT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kalicupak Lor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas merupakan salah satu jual beli belut dengan sistem slot. Dalam praktiknya pembeli mengajak beberapa orang untuk melakukan jual beli sistem slot. Permasalahan dalam skripsi ini memiliki dua komponen pertama, bagaimanakah sistem praktik jual beli belut dengan sistem slot dan kedua, bagaimana mengenai pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli belut sistem slot di Desa Kalicupak Lor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pengambilan sumber dari lokasi penelitian. Perolehan data primer melalui melalui metode wawancara antara peneliti dengan pembeli belut dan penjual belut. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diambil dari rujukan pustaka. Pengambilan sampel dalam wawancara dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti merupakan pendekatan yuridis empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data menggunakan metode deduktif. Adapun hasil penelitian ini menurut tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli belut dengan sistem slot di Desa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas menurut fatwa DSN-MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000, jual beli di atas secara akad sah, namun terdapat unsur gharar tidak terpenuhinya sistem pembiayaannya. Sehingga praktik jual beli tersebut tidak ada sistem kepastian maka jual beli tersebut mengandung unsur gharar. Kata Kunci: Sistem Slot, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Slot, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dena Dena sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 04:05
Last Modified: 13 Jul 2024 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25877

Actions (login required)

View Item View Item