ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INVESTASI LOGAM MULIA PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PT. PEGADAIAN (PERSERO) (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN CABANG BUMIAYU)

Neni, Nur Isnaeni (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INVESTASI LOGAM MULIA PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PT. PEGADAIAN (PERSERO) (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN CABANG BUMIAYU). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NENI NUR ISNAENI_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INVESTASI LOGAM MULIA PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PT. PEGADAIAN (PERSERO). (Studi kasus pada PT. Pegadaian Cabang Bumiayu).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Bumiayu dan sekitarnya masih kurang pengetahuan terkait produk pegadaian khususnya pada produk tabungan emas, hingga pihak PT. Pegadaian Cabang Bumiayu membuat strategi baru dalam menjangkau masyarakatnya dan bagaimana stategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pegadaian (persero) Cabang Bumiayu dalam pemasaran investasi logam mulia produk tabungan emas dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT Pegadaian Cabang Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif, pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini yakni strategi pemasaran yang ada di dalam PT Pegadaian Cabang Bumiayu menggunakan strategi Literasi yang dilakukan satu hari satu kali di wilayah Bumiayu dan sekitarnya dan dengan strategi Literasi mampu meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Cabang Bumiayu yang dapat dilihat berdasarkan data jumlah nasabah yang semakin meningkat seriap bulannya, dan strategi pemasaran pendamping dari literasi di Pegadaian Cabang Bumiayu menggunakan penyebaran brosur, pemasangan iklan, penyebaran dari mulut ke mulut serta cross selling yang dilakukan oleh Pegawai PT Pegadaian Cabang Bumiayu. Serta untuk penelitian selanjutnya untuk memperluas jangkauan penelitian pada strategi pemasaran yang ada pada PT. Pegadaian Cabang Bumiayu serta penelitian ini bisa mnejadi rujukan pada penelitian selanjutnya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pegadaian Konvensional, Investasi Tabungan Emas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pegadaian Konvensional, Investasi Tabungan Emas.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Neni nur Isnaeni sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:47
Last Modified: 22 Jul 2024 06:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25869

Actions (login required)

View Item View Item