PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

Alifah, Nur Fadilah (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alifah Nur Fadilah_Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 9 Purwokerto _2017401094.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Purwokerto. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah pada implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Purwokerto? 2) Bagaimana hasil supervisi kepala sekolah pada impelementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Purwokerto?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta sumber data di peroleh dari wawancara Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana, Waka Kesiswaan, Guru, dan peserta didik di SMP Negeri 9 Purwokerto. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagai supervisor dalam pengembangan Kurikulum merdeka belajar saat ini, dua pendekatan supervisi yang digunakan dalam pembelajaran adalah pendekatan berfokus pada guru dan siswa. Dengan mengimplementasikan metode Coaching dan menggunakan tiga pendekatan supervisi yang umumnya dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 9 Purwokerto saat ini meliputi: Pendekatan Direktif (langsung), Non-Direktif (tidak langsung), dan kolaborasi. Teknik yang digunakan oleh Kepala sekolah mencakup teknik individual dan kelompok. Kegiatan supervisi yang kerap dilakukan antara lain: dengan kunjungan kelas, workshop, seminar, konsultasi, dan rapat. Keberhasilan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pada implementasi kurikulum tetap melibatkan kerjasama dengan warga sekolah dalam mengupayakan perbaikan dan kelanjutan sistem pengelolaan pembelajaran dan administrasi sekolah. Selain itu, keberhasilan ini diwujudkan melalui rasa kekeluargaan yang dibangun dengan komunikasi intensif dan pendekatan lainnya, sehingga SMP Negeri 9 Purwokerto menjadi sekolah yang selalu berusaha dalam mengembangkan kualitas sesuai dengan keadaan lembaga sekolah dan perubahan di zaman modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alifah Nur Fadilah sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:28
Last Modified: 19 Jul 2024 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25862

Actions (login required)

View Item View Item