PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO

IRA NIDAAN, KHOFIYYA (2024) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IRA NIDAAAN KHOFIYYA_PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwokerto yang berjumlah 320 siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini diperoleh sebanyak 77 siswa berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan error tolerance 10%. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan angket kebiasaan belajar dan gaya belajar serta tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan uji statistik t dan uji statistik F. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Hal ini berdasarkan nilai t_hitung sebesar 2,022 > t_tabel= 1,993 dan nilai signifikansi sebesar 0,047 < 0,05 serta memiliki persamaan Y ̂=44,055+〖0,425X〗_1. 2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Hal ini berdasarkan nilai t_hitung sebesar 5,211 > t_tabel= 1,993 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta memiliki persamaan Y ̂=21,924+〖0,796X〗_2. 3) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Hal ini berdasarkan F_hitung sebesar 13,850 > F_tabel= 3,970 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta memiliki persamaan Y ̂=20,801+(-0,184)X_1+〖0,882X〗_2. Artinya variabel kebiasaan belajar dan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa memiliki pengaruh dan keduanya memiliki pengaruh yang signifikan. Akan tetapi keduanya memiliki sifat pengaruh yang berbeda. Variabel kebiasaan belajar berpengaruh negatif, artinya jika variabel kebiasaan belajar mengalami kenaikan satu satuan maka kemampuan berpikir kreatif matematis akan mengalami penurunan. Sedangkan variabel gaya belajar berpengaruh positif, artinya semakin tinggi gaya belajar maka akan tinggi pula kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Besar pengaruh berdasarkan koefisien determinasi berganda sebesar 27,2% sehingga 72,8% kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar,Gaya Belajar,Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ira Nidaan Khofiyya sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:50
Last Modified: 13 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item View Item