REPRESENTASI IKHLAS DALAM FILM 172 DAYS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Andini, Kharisma Putri (2024) REPRESENTASI IKHLAS DALAM FILM 172 DAYS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Andini Kharisma Putri_Representasi Ikhlas dalam Film 172 Days.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ikhlas merupakan istilah yang diguanakn untuk menggambarkan perasaan dan keteguhan hati setiap manusia setelah diuji. Ikhlas merupakn pemahaman yang mendalam tentang diri sendiri, penerimaan terhadap situasi yang tak dapat diubah, dan penemuan makna dalam pengalaman hidup, yang semuanya merupakan perjalanan panjang yang membutuhkan kesadaran dan latihan yang terus-menerus. Itulah mengapa Ikhlas sangat sulit untuk direalisasikan oleh manusia. Namun, banyak sekali film maupun karya yang berbentuk video menggamarkan peristiwa ikhlas ini. Salah satunya adalah film 172 days. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi ikhlas dalam film 172 days. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika milik Roland Barthes. Metode ini memiliki 3 elemen penting diantaranya yaitu denotasi, konotasi, serta mitos mengenai ikhlas dalam film 172 days. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa film 172 days mempresentasikan ikhlas dalam bentuk kesabaran. Hal ini dibuktikan dengan tanda yang meliputi gerakan, ucapan dan juga gambar yang terdapat dalam film. Tanda denotasi yang lahir dari film 172 days adalah perubahan cobaan yang silih berganti sejak remaja hingga dalam perjalanan hijrah nya pun tetap diuji sebagai bentuk rasa ikhlas hanya kepada Allah SWT. Tanda konotasinya adalah semua yang terjadi dalam kehidupan di film 172 days adalah kehidupan yang akan terjadi kepada semua makhluk yang dikehendaki oleh Allah SWT, sehingga manusia hanya mampu berserah diri dan menerima. Sedangkan secara mitos dan ideology, film ini dapat menjadi pelajaran untuk semua orang karena setiap ujian dan cobaan akan digantikan dengan yang lebih baik oleh Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Ikhlas, Semiotika Roland Barthes, Film 172 Days
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Depositing User: Andini Kharisma Putri sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:55
Last Modified: 13 Jul 2024 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25845

Actions (login required)

View Item View Item