PENGARUH PENGETAHUAN DIGITAL, SOSIAL MEDIA MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT GEN Z MEMBUKA REKENING TABUNGAN ONLINE DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI BANK MUAMALAT ( STUDI EMPIRIS PADA GEN Z WILAYAH PURWOKERTO)

Rizky Isna, Azkiya Syafi (2024) PENGARUH PENGETAHUAN DIGITAL, SOSIAL MEDIA MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT GEN Z MEMBUKA REKENING TABUNGAN ONLINE DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI BANK MUAMALAT ( STUDI EMPIRIS PADA GEN Z WILAYAH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizky Isna Azkiya Syafi_PENGARUH PENGETAHUAN DIGITAL, SOSIAL MEDIA MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT GEN Z MEMBUKA REKENING TABUNGAN ONLINE DENGAN PERSEPSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI BANK MUAMALAT 2.pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Gen Z merupakan generasi melek digital yang saat ini banyak menggunakan layanan digital perbankan. Peluang ini dimanfaatkan Bank Muamalat Indonesia dengan layanan pembukaan rekening secara online melalui Mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penegtahuan digital, social media marketing, dan brand image terhadap minat generasi Z menggunakan layanan pembukaan rekening online Mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network) pada gen Z nasabah Bank Muamalat Indonesia di Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan digital, social media marketing, dan brand image terhadap minat Gen Z membuka rekening tabungan online dengan persepsi sebagai variabel moderating dibank muamalat purwokerto. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelajar, mahasiswa maupun generasi z yang mempunyai usaha di wilayah Purwokerto dan pengguna social media. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling probabilitas dan metode purposive sampling.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden genarasi z Bank Muamalat Indonesia yang memiliki produk tabungan. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengolahan data dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan digital, social media marketing, dan brand image secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan generasi z membuka rekening secara online di Bank Muamalat Indonesia. Kemudian secara simultan variabel pengetahuan digital, social media marketing, dan brand image berpengaruh positif signifikan, artinya semakin baik pengetahuan digital, social media marketing, dan brand image maka akan semakin baik dan mendukung keputusan generasi z membuka rekening secara online di Bank Muamalat Indonesia, kemudian secara persepsi dalam memoderasi hubungan pengetahuan digital,social media marketing dan brand image berpengaruh positif terhadap keputusan generasi z membuka rekening secara online di Bank Muamalat Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Digital, Social Media, Brand Image, Persepsi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 609 Historical, areas, persons treatment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rizky Isna Azkiya Syafi sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 04:07
Last Modified: 13 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item View Item