PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING KONSUMEN GENERASI Z PADA E-COMMERCE SHOPEE PURWOKERTO

Vikoana Nenden, Vutikhasari (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING KONSUMEN GENERASI Z PADA E-COMMERCE SHOPEE PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vikoana Nenden Vutikhasari_PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING KONSUMEN GENERASI Z PADA E-COMMERCE SHOPEE PURWOKERTO.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia semakin berkembang, terlebih teknologi seperti internet menjadi kebutuhan vital bagi semua aspek kehidupan, e-commerce kini menawarkan berbagai macam produk yang membuat konsumen akan memiliki banyak pilihan untuk berkonsumsi, sehingga akan muncul viral marketing dan shopping lifestyle terutama pada konsumen generasi z yang menarik munculnya pembelian tak terencana. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing dan shopping lifestyle terhadap impulsive buying konsumen generasi z pada e-commerce Shopee Purwokerto. Populasi penelitian ini adalah generasi z usia 12-27 tahun, berdomisili di Purwokerto, dan semua yang pernah berbelanja lebih dari 3 kali di Shopee. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form yang dinilai dengan skalal likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 22. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa viral marketing dan shopping lifestyle secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Hal ini bukan berarti bahwa seorang muslim berbudaya konsumtif, melainkan dalam membeli tetap mempertimbangkan nilai-nilai yang diyakini, menciptakan keseimbangan antara keinginan pribadi dan prinsip-prinsip etika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: viral marketing, shopping lifestyle, dan impulse buying
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vikoana Nenden Vutikhasari sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:42
Last Modified: 13 Jul 2024 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item