PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MTs NEGERI 2 CILACAP

Anjar, Fikri Haikal (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MTs NEGERI 2 CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS_ANJAR FIKRI HAIKAL_224120600002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aspek kepribadian manusia yang tidak dapat berdiri sendiri salah satunya ialah karakter religius, artinya dengan aspek kepribadian yang harus dilatih sejak dini hingga dewasa agar tidak menjadi penghambat bagi mereka untuk mengembangkan potensi lainnya. Karakter religius tidak terbentuk dengan sendiri tanpa adanya kemauan, pembiasaan, teladan serta nasehat dari orang terdekat, yaitu orang tua, guru serta teman. Perilaku peserta didik yang tidak baik dan dapat dilihat dengan mata kepala yang mencerminkan etika sebagai pelajar, seperti halnya kecanduan narkoba, pergaulan bebas, tawuran antar pelajar. Krisis karakter yang dialami oleh peserta didik diakibatkan karena minimnya penanaman dalam pendidikan agama khususnya pendidikan karakter. Era digital mendatangkan sebuah perubahan mengenai cara kita dalam berinteraksi, belajar dan berkomunikasi. Teknologi digital seperti internet, media social, dan perangkat mobile telah mempengaruhi dalam setiap aspek kehidupan sehari hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penanaman nilai-nilai karakter religius serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai karakter religius di era digtal pada siswa MTs Negeri 2 Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi lapagan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses penanaman nilai-nilai karakter religius dilaksanakan melaui kegiatan pembiasaan melaksanakan ibadah shalat dhuha, dhuhur berjamaah, pembiasaan melaksanakan ibadah shalat Jumat di masjid sekolah, pembiasaan malakukan senyum, sapa serta salam, pembiasaan membaca ashmaul husna, pembiasaan membaca do‟a sebelum dan sesudah belajar, pembellajaran berbasis digital. metode yang digunakan dalam proses penanaman nilai-nilai karakter religius dengan melakukan pembiasaa, teladan, nasehat. Adapun faktor penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai karakter religius di era digita yaitu kurangnya teladan dari orang tua siswa, kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan oleh sekolah. Sedangkan faktor pendukung dari proses penanaman nilai-nilai karakter antara lain: terdapat dukungan dari pada orang tua, sarana prasarana yang mendukung, kekompakan guru sebagai teladan siswa. Kata kunci: Karakter, Nilai Karakter Religius, Era Digital

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Nilai Karakter Religius, Era Digital
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.266 Islam and technology
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anjar Fikri Haikal sdr
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:35
Last Modified: 13 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25835

Actions (login required)

View Item View Item