Analisis Komunikasi Interpersonal dalam Dialog Antar Agama di Podcast "Log in Close the Door" Season 1

Rachma Dyah Auliya, Sananta (2024) Analisis Komunikasi Interpersonal dalam Dialog Antar Agama di Podcast "Log in Close the Door" Season 1. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RACHMA DYAH AULIYA SANANTA_ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM DIALOG ANTAR AGAMA DI PODCAST “LOG IN CLOSE THE DOOR” SEASON 1.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang analisis terhadap komunikasi interpersonal dalam podcast Log In Close The Door. Podcast Log In merupakan konten milik Deddy Corbuzier yang menampilkan diskusi aktif antara Habib Ja’far dan Onadio Leonardo dan bintang tamu dari tokoh agama lain yang datang secara bergantian. Podcast Log In merupakan salah satu bentuk dakwah tainment yaitu modifikasi bentuk dakwah yang tidak hanya berisi tuntunan tapi juga tontonan yang ditampilkan melalui media digital. Media yang banyak digunakan para pendakwah tanah air yaitu media sosial Youtube, salah satunya yaitu podcast Log In Close The Door. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui konten seperti apa yang ada pada podcast Log In dan ingin melihat komunkasi interperseonal yang ada di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui profil dan gambaran umum podcast Log In Close The Door dan mendeskripsikan komunikasi interpersonal dalam podcast Log In Close The Door. Peneliti menggunakan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dan analisis videografi sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, dalam konten Log In ditemukan adanya komunikasi interpersonal sekaligus merupakan dialog antar agama. Menurut Suranto Aw komunikasi interpersonal merupakan penyampaian pesan atau informasi yang dilakukan oleh komunikator dan mendapatkan respon secara langsung baik secara verbal atau non-verbal. Suranto Aw juga menyebutkan beberapa komponen dalam komunikasi interpersonal, peneliti menemukan komponen-komponen komunikasi interpersonal diantaranya komunikator, encoding, pesan, komunikan, decoding, respon dan konteks serta pendekatan komunikasinya adalah pendekatan informatif dan pendekatan dialogis. Kedua, podcast Log In juga menampilkan dialog antar agama yang terjadi antar tokoh agama. Merujuk pada pendapat Mukti Ali tentang macam-macam model dialog antar agama, podcast Log In termasuk kedalam model dialog diskusi teologis. Ketiga, kebutuhan interpersonal dalam podcast Log In adalah kebutuhan inklusi tipe sosial, kebutuhan kontrol demokrat dan kebutuhan afeksi tipe personal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, dialog antar agama, podcast Log In
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rachma Dyah Auliya Sananta sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:56
Last Modified: 13 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25833

Actions (login required)

View Item View Item