PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PINJAMAN DI BANK PNM MEKAR AJIBARANG

Shodikoh Dwi, Anggraeni (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PINJAMAN DI BANK PNM MEKAR AJIBARANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shodikoh Dwi Anggraeni_PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PINJAMAN DI BANK PNM MEKAR AJIBARANG.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyak masyarakat yang memilih alternatif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memualai usaha. Namun seringkali aspek modal menjadi kendala utama yang dihadapi oleh para pelaku usaha, sehingga mereka memerlukan akses pembiayaan agar usahanya dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, pemerintah melalui Bank PNM Mekar menyediakan program penyediaan modal usaha yang bertujuan untuk menjadikan anggotanya berdaya dan produktif dalam menjalankan usaha. Keputusan pengambilan pinjaman di PNM Mekar Ajibarang, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kepercayaan, kemudahan, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh kepercayaan, kemudahan dan, kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil Pinjaman di Bank PNM Mekar Ajibarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dalam menentukan sampel dari banyaknya populasi menggunakan rumus slovin yaitu mengambil 5% dari jumlah populasi sebanyak 4.935 nasabah Bank PNM Mekar maka sampel yang ditentukan sebanyak 371 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda terlebih dahulu uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Penelitian ini menggunakan SPSS IBM Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pinjaman, dengan nilai signifikansi 0,000 ≥ 0,05 dan nilai t hitung 9,523 ˃ t tabel 1,653. 2) Variabel kemudahan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pinjaman, dengan nilai signifikansi 0,000 ≥ 0,05 dan t hitung 27,331 ˃ t tabel 1,653. 3) Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pinjaman, dengan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05 dan nilai t hitung -12,056 ˂ 1,653. 4) Variabel kepercayaan, kemudahan, kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan dengan nilai f hitung 264,446 ˃ 2,63 dan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini sangat berkaitan dengan landasan teologis yaitu didalam lembaga keuangan syariah terdapat konsep kepercayaan, konsep ta’awun yang memudahkan nasabah, dan kualitas pelayanan yang baik agar nasabah merasa nyaman. Kata kunci : Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Pelayanan, Keputusan nasabah, Pinjaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Pelayanan, Keputusan nasabah,Pinjaman
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: SHODIKOH DWI ANGGRAENI sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:33
Last Modified: 13 Jul 2024 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25829

Actions (login required)

View Item View Item