KEPEMIMPINAN KETUA PKBM DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS TUTOR DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MARSUDI KARYA BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Eni, Kusrini (2024) KEPEMIMPINAN KETUA PKBM DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS TUTOR DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MARSUDI KARYA BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS ENI KUSRINI _ 224120500005 11 JuLI 2024_.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan mencakup usaha seorang pemimpin untuk memengaruhi individu lain guna mencapai tujuan bersama. Dalam lingkungan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), peran kepemimpinan menjadi sebuah kolaborasi saling menguntungkan antara pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan ketua PKBM. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model kepemimpinan yang diterapkan oleh ketua PKBM di PKBM Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketua PKBM memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) Menerima masukan, pendapat, dan kritik dari bawahan, 2) Menekankan kerjasama dan kolaborasi tim, 3) Mengoordinasikan tugas kepada bawahan, 4) Memberikan dorongan agar bawahan menjadi produktif, 5) Menglibatkan bawahan dalam pemecahan masalah, 6) Memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab bawahan, 7) Mendorong pengembangan potensi bawahan, 8) Menghargai berkat dan martabat bawahan, 9) Melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, 10) Menjaga kondisi kerja yang kondusif, inovatif, dan kreatif, dan 11) Menunjukkan perhatian positif dalam penyelesaian konflik di antara bawahan. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ketua PKBM di PKBM Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas menerapkan model kepemimpinan demokratis, sebagaimana tercermin dari karakteristik kepemimpinan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ketua PKBM,Tutor,Kepemimpinan Demokratis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
400 Language > 404 Special topics
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eni Kusrini Sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:22
Last Modified: 13 Jul 2024 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item