PRAKTIK SEWA JASA PARAFRASE SKRIPSI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI PURWOKERTO)

Citra Buana, Tunggadewi (2024) PRAKTIK SEWA JASA PARAFRASE SKRIPSI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Citra Buana Tunggadewi_Praktik Sewa Jasa Parafrase Skripsi Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya tolong-menolong, dapat ditemui berbagai macam jenis jasa, salah satunya yakni jasa parafrase skripsi. Skripsi dengan presentase plagiasi yang tinggi membuat mahasiswa harus memutar otak kembali untuk menurunkan presentase tersebut agar sesuai dengan ketentuan kampus. Dengan adanya kendala tersebut, maka sebagian masyarakat di Purwokerto memutuskan untuk membuka usaha jasa parafrase skripsi. Dalam hal ini, terdapat susunan kalimat dalam skripsi tersebut yang merupakan hasil pemikiran dari seorang penyedia jasa. Terlebih, jika penyedia jasa mendapati customer dengan presentase turnitin yang besar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik sewa jasa parafrase skripsi di Purwokerto dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa jasa parafrase skripsi tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis-empiris. Sumber data primer diambil langsung dari sumbernya, yakni dengan informan yang terlibat. Sementara data sekunder didapat dari buku, jurnal ilmiah, skripsi, dan rujukan lain yang masih terkait dengan permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan model purposive sampling sehingga diambil enam penyedia jasa dan enam pengguna jasa sebagai informan. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Praktik sewa jasa parafrase skripsi di Purwokerto dilakukan oleh enam penyedia jasa, dimana akan dilakukan kesepakatan antar pihak melalui media Whatsapp. Setelah itu, penyedia jasa akan melakukan pekerjaannya dan akan mengirim kembali file skripsi yang telah diparafrase tersebut kepada pengguna jasa apabila telah selesai; 2) Praktik sewa jasa parafrase skripsi di Purwokerto ini merupakan implementasi dari akad ijarah ‘ala al-‘amal. Dalam praktiknya, terdapat penyedia jasa yang sudah maupun yang belum memenuhi ketentuan ija>rah. Syarat ijarah tidak terpenuhi dalam hal penyedia jasa tidak menentukan kejelasan upahnya sehingga akad menjadi fasid. Kemudian, terkait manfaat dari sewa jasa parafrase skripsi ini, telah sesuai dengan ketentuan syara’ karena tidak terdapat kecurangan di dalamnya. Dalam hal ini, penyedia jasa hanya akan mengubah tatanan bahasa dalam skripsi tersebut. Selain itu, tidak ada dalil atau ketentuan yang pasti dari pihak kampus mengenai aturan penggunaan jasa parafrase skripsi sehingga praktik ini diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Jasa Parafrase Skripsi, Ijarah, Hukum Islam, Akad.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Citra Buana Tunggadewi sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 02:32
Last Modified: 13 Jul 2024 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item View Item