PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI KONTEKS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

Fiyya Nailu, Hidana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI KONTEKS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fiyya Nailu Hidana_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI KONTEKS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis menjadi modal awal dan unsur terpenting bagi peserta didik dalam proses belajar matematika. Salah satu hal yang mempengaruhi peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa pada pembelajaran ialah alat atau media. Teknologi mempunyai pengaruh besar bagi Pendidikan dapat memanfaatkannya dengan menggunakan media berbasis android. Materi yang disajikan dalam media diintegrasikan dengan konteks islam berdasarkan analisis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android terintegrasi konteks islam untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu, (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil dari penelitian pengembangan media ini ialah valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswadi SMP Negeri 8 Purwokerto. Hasil validasi ahli materi konteks islam memperoleh presentase sebesar 80% dengan kategori valid. Validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 91,25% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba guru memperoleh presentase sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Hasil angket kemenraikan produk kelompok kecil sebesar 94,973% dan uji coba lapangan (kelas eksperimen) sebesar 89,99% dengan kategori sangat menarik. Hasil tafsiran N-Gain pada test kemampuan pemahaman matematis memperoleh presentase sebesar 78,125% dengan kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android, Konteks Islam, Media Pembelajaran, Pemahaman Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fiyya Nailu Hidana sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:46
Last Modified: 13 Jul 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25778

Actions (login required)

View Item View Item