STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMP MA'ARIF NU 01 CILONGOK BANYUMAS

KHOIRUN, NISAA (2024) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMP MA'ARIF NU 01 CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHOIRUN_NISAA_STRATEGI_GURU_DALAM_PEMBELAJARAN_PENDIDIKAN_AGAMA (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang sudah dilakukan dengan judul “ Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Ma’arif Nu 01 Cilongok Banyumas.” Dilarbelakangi dengan pendidikan yang semakin maju serta model pendidikan yang semakin banyak di Indonesia khsunya di Kabupaten Banyumas khusunya di wilayah Banyumas Cilongok, metode pembelajaran Kurikulum Merdeka ini memberikan trobosan baru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, untuk memberikan pembelajaran secara efektif dan effisien, dengan adanya penerapan Kurikulum Merdeka ini berharap akan memberikan dampak berbeda bagi siswa dan siswi khsunya pada VII dan VIII di Sekolah di Smp Ma’arif Nu 01 Cilongok Banyumas. Maka dari itu dari pihak sekolah menerapkan bagaiman startegi guru supaya pembelajaran bagus dengan Kurikum Merdeka baru ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pemilihan informan purpose sampling, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori dari margono serta menggunakan beberapa konsep. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa dengan adanya Kurikulum Merdeka ini khususnya di SMP Ma’arif Nu 01 Cilongok Banyumas tentu menjadi suatu kemajuan dalam bidang pendidikan dengan penerapan Kurikulum Merdeka belajar tentu memberikan perbedaan yang signifikan dengan kurikulum 2013. Namun di SMP Ma'arif NU 01 Cilongok Banyumas masih kurang dalam sarana dan prasarana, diantaranya banyak proyektor yang mati, beberapa ruang kelas yang sudah tidak memadai, menjadi suatu hambatan dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar. Adapun strategi guru PAI berbasis kurikulum merdeka belajar yaitu melakukan perencanaan pembelajaran sebelum di laksanakan pembelajaran, mempersiapkan perangkat belajar, membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar, dan yang menjadi salah satu keunggulan yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Ma'arif NU 01 Cilongok Banyumas adalah melaksanakan kegiatan belajar mengajar di luar kelas atau experiental learning sehingga sesuai dengan konsep yang dijabarkan oleh kurikulum merdeka yakni memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memecahkan masalahnya sendiri agar lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Belajar, SMP Ma’arif NU 01 Cilongok Banyumas.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
400 Language > 407 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirun Nisaa sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:20
Last Modified: 12 Jul 2024 09:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25775

Actions (login required)

View Item View Item