KEMANDIRIAN ANAK DENGAN DOWN SYNDROME DI SLB N PURBALINGGA

Siti, Jubaedah (2024) KEMANDIRIAN ANAK DENGAN DOWN SYNDROME DI SLB N PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Jubaedah_Kemandirian Anak Dengan Down Syndrome Di SLB N Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KEMANDIRIAN ANAK DENGAN DOWN SYNDROME DI SLB N PURBALINGGA Siti Jubaedah NIM. 2017101058 E-mail: [email protected] Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemandirian anak dengan down syndrome di SLB N Purbalingga. Anak dengan down syndrome dianggap sulit untuk dilatih dan dibentuk kemandiriannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 8 orang diantaranya yaitu 4 orang tua anak dengan down syndrome, 4 anak yang memiliki gangguan down syndrome. Anak tersebut terdiri dari 3 perempuan dan 1 laki-laki, ia merupakan siswa/siswi dari kelas 6 SLB N Purbaingga. Penelitian ini dilakukan di SLB N Purbalingga serta dikediaman AMK, RAP, CDN dan DHR. Objek dalam penelitian ini adalah kemandirian anak dengan down syndrome di SLB N Purbalingga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa anak down syndrome seperti AMK, RAP, CDN dan DHR bisa mencapai kemandirianya dengan baik, sesuai dengan potensi dan karakaterisitik yang dimilikinya. Kemandirian AMK, RAP, CDN dan DHR ditinjau dari aspek fisik, intelektual, emosional, dan sosial, seperti dapat merawat dan mengurus kebutuhan diri sendiri dan dapat melakukana aktivitas sehari-hari sendiri. Kemandirian AMK, RAP, CDN dan DHR dapat di capai dengan seiring berjalanya waktu dibersamai dengan pendampingan dan dukunagan dari orang tua yang sangat luar biasa anak dengan down syndrome sudah mampu dikatakan mandiri. Namun dengan begitu harus tetap dalam pengawasan orang tua dalam setiap aktivitas yang dilakukannya. Kata Kunci : Kemandirian, Anak Down Syndrome

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, anak down syndrome
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Jubaedah sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:24
Last Modified: 13 Jul 2024 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25742

Actions (login required)

View Item View Item