EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG - BANYUMAS

LUQMANUL, KHAKIM (2024) EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG - BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUQMANUL KHAKIM_EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pembaharuan kurikulum, dalam tiap periode tertentu kurikulum selalu mengalami proses evaluasi. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan bahwa kurikulum itu berganti seiring pergantian pemangku kebijakan. Sebagai negara yang terus berinovasi dalam pengembangan kurikulum, Indonesia setidaknya telah mengalami lebih dari sepuluh kali perubahan sejak awal kemerdekaan. Istilah “Merdeka Belajar”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa “Merdeka belajar adalah kemerdekaan berfikir”. Merdeka belajar bertujuan untuk mengembalikan otoritas pengelolaan pendidikan kepala sekolah dan pemerintah daerah. Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis Kurikulum Merdeka di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan subjek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan tertentu sesuai dengan tema penelitian yang mana karena orang tersebut ddianggap memiliki informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, Waka dan guru pendidikan agama islam, serta beberapa peserta didik untuk menguatkan informasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis Kurikulum Merdeka di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang yakni evaluasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti mencangkup proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran. Proses perencanaan dilakukan guru dengan menganalisis dan membuat modul ajar sesuai instruksi buku pedoman, proses pelaksanaan yakni guru melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai modul ajar yang telah dibuat, serta hasil pelaksanaan pembelajaran yaitu kondisi siswa dalam pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yakni menumbuhkan karakter peserta didik. Kemudian fokus ketiga hasilnya meliputi asesemen pembelajaran. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LUQMANUL KHAKIM sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:54
Last Modified: 12 Jul 2024 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25721

Actions (login required)

View Item View Item