ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PRODUK SIMPANAN DI BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Anisa Kurnia, Sabarina (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PRODUK SIMPANAN DI BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANISA KURNIA SABARINA_ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PRODUK SIMPANAN DI BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan yang terus bertambah banyak saat ini menjadikan setiap lembaga keuangan termasuk lembaga keuangan berbasis syariah mengalami persaingan yang cukup ketat, maka dari itu fungsi pemasaran yang baik harus diterapkan pada suatu lembaga keuangan. Pada praktiknya BMT Dana Mentari Muhammadiyah menerapkan pemasaran dengan menggunakan strategi personal selling (penjualan pribadi) dalam upaya menambah jumlah anggotanya terutama pada produk simpanan yang merupakan hal penting pada operasional di suatu lembaga keuangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari sebuah strategi yang diterapkan di BMT Dana Mentari Muhammadiyah yaitu personal selling dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk simpanan. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan yang merupakan sebuah penelitian yang dikerjakan di lokasi dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam hal ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan juga wawancara dengan berbagai sumber yaitu manajer marketing, marketing dan juga anggota produk simpanan. Kemudian analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selain itu dalam uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi personal selling yang diterapkan di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto sudah mencapai tujuan dari personal selling dan juga target penjualan yang sudah tercapai. Kemudian pada efektivitas yang sesuai dengan teori efektivitas personal selling BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto efektif pada semua indikator penyediaan intelejensi pemasaran dan pada indikator mencapai tujuan dari personal selling. Kemudian pada dua indikator lain yaitu aktivitas tindak lanjut dan implementasi program terdapat hal-hal yang dinilai kurang efektif yaitu pada penyebaran brosur yang dilakukan kurang menyeluruh berdasarkan pernyataan dari beberapa anggotannya dan juga pada penawaran program promo yang kurang ditekankan. Namun sejauh ini penerapan penjualan pribadi oleh marketing sudah bagus. Dalam peningkatan anggotanya, strategi ini terbukti dapat meningkatkan jumlah anggota produk simpanan di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Personal Selling, Anggota Produk Simpanan, BMT.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Anisa Kurnia Sabarina sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:37
Last Modified: 12 Jul 2024 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item View Item