PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MTs NEGERI 4 KEBUMEN

Azizah, Logis (2024) PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MTs NEGERI 4 KEBUMEN. Masters thesis, UIN Prof. K.H Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
170724.TESIS_UMI AZIZAH LOGIS PURNAMA SARI_224120600023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ilmu pengetahuan mengharuskan adanya adaptasi terhadap teknologi yang kian canggih. Hal tersebut juga mesti dilaksankan di lembaga pendidikan, baik dalam upaya mempermudah administrasi dan inovasi dalam pembelajarannya. MTs N 04 Kebumen memahami hal tersebut dengan baik dan memberikan kelas digital di setiap jenjang pendidikannya. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Fikih berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di MTs Negeri 4 Kebumen. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif fenomenologi. Data dalam penelitian ini didapatkan di MTs N 04 Kebumen dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs Negeri 4 Kebumen telah mengadopsi pendekatan inovatif dalam pembelajaran Fikih dengan memanfaatkan TIK. Perencanaan pembelajaran diawali dengan penetapan visi kepala madrasah menekankan kelas digital sebagai respons terhadap tuntutan masyarakat dan kebutuhan siswa yang semakin kompleks. Pelaksanaan pembelajaran Fikih menggabungkan metode pembelajaran dengan kemajuan teknologi, menciptakan lingkungan belajar modern dan interaktif. Guru telah mengintegrasikan aspek digital, seperti interactive whiteboard dan exam browser, menciptakan atmosfer belajar yang dinamis. Evaluasi pembelajaran melibatkan penilaian infrastruktur teknologi, aplikasi digital, dan dampaknya terhadap pemahaman dan partisipasi siswa, dengan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran berbasis TIK. Faktor pendukung mencakup infrastruktur teknologi yang memadai, pelatihan guru, dan ekstrakurikuler TIK. Sementara itu, faktor penghambat melibatkan keterbatasan infrastruktur TIK, keahlian guru, dan kurangnya konten digital berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Fikih, TIK
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Azizah Logis Purnama sari sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:31
Last Modified: 17 Jul 2024 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25692

Actions (login required)

View Item View Item