PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DIKB DWI RAHAYU KEBANARAN KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Tri, Nursiamti (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DIKB DWI RAHAYU KEBANARAN KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI NURSIAMTI_ peningkatan kemampuan anak bercerita melalui media papan flanel dikb dwi rahayu kebanaran mandiraja.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan bercerita merupakan cara yang efektif dalam pembelajaran anak usia dini untuk melatih komunikasi sekaligus meningkatkan kreativitasnya. Kemampuan bercerita dapat ditingkatkan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan media papan flannel yang penggunaannya sangat mudah dan menarik. Seperti halnya di KB Dwi Rahayu Kebanaran Wanabadra, kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bercerita mulai berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan bercerita melalui media papan flanel pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Lokasi penelitian yang diteliti adalah KB Dewi Rahayu Kebanaran Wanabadra Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Hasil dari penelitian menunjukan keadaan awal di KB Dwi Rahayu Kebanaran kemampuan bercerita anak kelompok B belum dikembangkan. Dimana pada kondisi awal terdapat 1 anak berkembang sesuai harapan (BSH), 2 anak berkembang sangat baik (BSB) dan 6 anak belum berkembang. Beberapa anak yang masih kesulitan bercerita yang disebabkan karena kurangnya metode dan media dalam proses belajar, rendahnya keragaman media yang belum dikembangkan secara maksimal. Dalam hal ini langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui media papan flanel pada anak usia dini di Kb Dwi Rahayu Kebanaran dilakukan seperti menyiapkan rancana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan seperti menyiapkan papan flanel. Berikutnya langkah yang dilakukan seperti mengatur tempat duduk menjadi setengah lingkaran. Lalu menyampaikan materi bercerita kepada anak dan melaksanakan evaluasi kegiatan yang akan dilakukan. Setelah dilakukan langkah di atas, terdapat perubahan pada kemampuan bercerita anak, yaitu terdapat 8 anak kategori berkembang sangat baik (BSB) dan 1 anak dalam kategori belum berkembang (BB). Hal ini menunjukan bahwa menggunakan media papan flanel sangat berpengaruh terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Kata Kunci : Anak usia dini, Kemampuan bercerita, Papan Flanel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Anak usia dini, Kemampuan bercerita, Papan Flanel
Subjects: 700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 745 Decorative arts
700 The arts > 750 Painting and paintings > 752 Color
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tri Nursiamti sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:59
Last Modified: 18 Jul 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25664

Actions (login required)

View Item View Item