ANALISIS BUKU AJAR FIKIH KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020

Alaik, Masykur (2024) ANALISIS BUKU AJAR FIKIH KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Alaik Masykur_ANALISIS BUKU AJAR FIKIH KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi kesesuaian materi dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), keakuratan materi dan materi pendukung pembelajaran pada buku ajar fikih kelas VI terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan noninteraktif (penelitian analisis), praktiknya peneliti menghimpun, mengidentifikasi, menganalisis dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap konsep-konsep, kebijakan, peristiwa yang secara langsung atau tidak langsung dapat diamati. Hasil penelitian ini yaitu Buku ajar “FIKIH MI KELAS VI” terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia terbitan tahun 2020 termasuk dalam kategori layak, dari kelayakan isi kesesuaian materi dengan KI dan KD memperoleh persentase 96,4% dan kelayakan isi keakuratan materi memperoleh 93,5% sedangkan kelayakan isi materi pendukung pembelajaran yaitu memperoleh 90%. Berdasarkan hasil persentase kelayakan isi secara keseluruhan dari subkomponen yaitu memperoleh nilai rata-rata 93,3% termasuk kategori layak, sedangkan 6,7% yang tidak layak. Dimana hasil yang diperoleh sudah layak berdasarkan kategori kelayakan isi buku ajar atau teks yaitu 80% - 100% termasuk dalam kategori layak. Jadi buku ajar “FIKIH MI KELAS VI” terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia terbitan tahun 2020 sudah layak untuk diajarkan karena memperoleh persentase kelayakan isi sebesar 93,3% yang dimana tergolong layak untuk digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kelayakan Isi, Buku Ajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alaik Masykur sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:30
Last Modified: 12 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25649

Actions (login required)

View Item View Item