PENGARUH SELF EFFICACY DAN KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMPN 2 KEMBARAN

Mufliani, Mufliani (2024) PENGARUH SELF EFFICACY DAN KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMPN 2 KEMBARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUFLIANI_PENGARUH SELF EFFICACY DAN KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMPN 2 KEMBARAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara self efficacy dan kecemasan matematis terhadap kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMPN 2 Kembaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 Kembaran yang berjumlah 214 siswa. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 139 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling dan berdasarkan pada rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa angket self efficacy dan kecemasan matematis serta tes kemampuan numerasi sudah lolos uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Adapun uji prasyarat analisis yang dilakukan sebelum analisis regresi linier sederhana yaitu uji normalitas dan linieritas, sedangkan uji prasyarat analisis regresi linier berganda terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial self efficacy memberikan pengaruh sebesar 7,9%, kecemasan matematis memberikan pengaruh sebesar 16,1%, sedangkan secara simultan kedua variabel memberikan pengaruh sebesar 21,3% terhadap kemampuan numerasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematis, Kemampuan Numerasi, Self Efficacy
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mufliani Mufliani
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:27
Last Modified: 12 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25643

Actions (login required)

View Item View Item