IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI MA'ARIF NU LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI

Alfiana, Nur Azizah (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI MA'ARIF NU LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfiana Nur Azizah Implementasi Strategi Jigsaw Dalam Pembelajaran Matematika.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi Jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitikberatkan kepada kerja kelompok peserta didik dalam bentuk kelompok kecil. Implementasi strategi jigsaw ini merupakan usaha yang dilakukan oleh guru kelas IV MI Ma’arif NU Limbasari Kecamatan Bobotsari untuk mengefektifkan proses pembelajaran dan membangkitkan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran Matematika di Kelas IV MI Ma’arif NU Limbasari Kecamatan Bobotsari. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu mengarahkan peserta didik kepada tujuan pembelajaran yang diharapkan dengan meneladani strategi pembelajaran yang telah diajarkan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wali kelas IV, peserta didik kelas IV. Objek penelitian adalah implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran Matematika di Kelas IV MI Ma’arif NU Limbasari Kecamatan Bobotsari dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyusun RPP. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu guru memberikan orientasi peserta didik pada masalah dan mengorganisasikan peserta didik dalam belajar, guru mengkondisikan peserta didik secara klasikal, membagi peserta didik menjadi 4 kelompok asal dengan sistem berhitung, guru membimbing dan memantau jalannya diskusi. Selanjutnya pada tahap evaluasi yaitu guru menggunakan tes yang dilakukan secara individu atau kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi Jigsaw dalam pembelajaran Matematika di Kelas IV MI Ma’arif NU Limbasari Kecamatan Bobotsari dapat meningkatkan nilai peserta didik dan keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Matematika, Strategi Jigsaw
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfiana Nur Azizah sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:24
Last Modified: 12 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item