ISTRI PENCARI NAFKAH UTAMA DI DALAM KELUARGA (STUDI WANITA MUSLIM MIGRAN DI DESA BINANGUN CILACAP)

Umniyatun, Sholihah (2024) ISTRI PENCARI NAFKAH UTAMA DI DALAM KELUARGA (STUDI WANITA MUSLIM MIGRAN DI DESA BINANGUN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
UMNIYATUN SHOLIHAH_ISTRI PENCARI NAFKAH UTAMA DI DALAM KELUARGA (Studi Wanita Muslim Migran di Desa Binangun Cilacap).pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh istri yang bekerja sebagai pencari nafkah utama di dalam keluarga sebagai Tenaga Migran di luar negeri di Desa Binangun, Cilacap. Istri sebagai pencari nafkah utama keluarga merupakan fenomena yang banyak terjadi di kalangan masyarakat, sehingga peran istri tersebut berjalan seiring dengan kebutuhan ekonomi keluarga dan tidak hanya berperan di ranah domestik, tetapi juga ikut bekerja di luar rumah (publik). Perubahan aturan hak dan kewajiban saat ini tidak selalu berlaku bagi pencari nafkah laki-laki, tetapi juga bagi wanita, dalam hal ini istri berperan sebagai pencari nafkah untuk kebutuhan hidup keluarga. Menurut hukum Islam suami wajib memberi nafkah untuk istri dan anaknya. Tujuan dari penelitian ini menjawab faktor yang memengaruhi istri di desa Binangun memilih untuk bekerja menjadi tenaga migran dan pemenuhan hak dan kewajiban pada keluarga yang salah satunya menjadi tenaga migran di Desa Binangun Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian menggunakan teknik analisis gender. Pengumpulan data menggunakan observasi terhadap masyarakat yang keluarganya menjadi tenaga migran. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara dengan metode purposive sampling yaitu 9 orang yang terdiri dari 2 tokoh masyarakat dan 7 istri yang menjadi tenaga migran. Peneliti juga melakukan dokumentasi berupa foto dan wawancara dengan istri yang menjadi tenaga migran sebagai landasan dalam melakukan penelitian untuk mengetahui realita yang terjadi pada masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua poin penting dalam penelitian ini. Pertama, faktor yang memengaruhi istri sebagai pencari nafkah utama di dalam keluarga di Desa Binangun Kabupaten Cilacap karena faktor pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dan pendidikan yang dialami oleh kaum perempuan sehingga menyebabkan para istri sebagai pencari nafkah utama di dalam keluarga. Kedua, pemenuhan hak dan kewajiban pada keluarga yang salah satu menjadi tenaga migran pada pemenuhan lahiriyah dari istri yang bekerja, sedangkan nafkah batiniyah pada pasangan melalui hubungan jarak jauh atau video call.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Istri, Nafkah, Hak dan Kewajiban, Tenaga Migran
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: UMNIYATUN SHOLIHAH sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:01
Last Modified: 12 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25617

Actions (login required)

View Item View Item