IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELAS 3 SDLB B (TUNARUNGU) YAKUT PURWOKERTO

Auliya, Prima Wardhani (2024) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELAS 3 SDLB B (TUNARUNGU) YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Auliya Prima Wardhani_Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Kelas 3 SDLB B (Tunarungu) Yakut Puwokerto.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pendidikan tidaklah hanya diperuntukkan untuk manusia yang dilahirkan normal saja, tetapi juga anak yang memiliki kelainan maupun keistimewaan yang biasa dikenal dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Salah satu jenis ABK adalah tunarungu. Dalam memperoleh Pendidikannya, pemerintah di Indonesia menyediakan Lembaga Pendidikan khusus untuk anak tunarungu yaitu Sekolah Luar Biasa B. Tujuannya agar mereka dapat mengembangkan dan mengasah kemampuannya, salah satunya kemampuan kognitif yang menekankan intelektualnya. Untuk tercapainya kemampuan tersebut, maka diperlukanlah metode pembelajaran, salah satunya metode drill/latihan berulang-ulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelas 3 SDLB B (Tunarungu) Yakut Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SDLB B Yakut Purwokerto. Dengan subjek penelitian meliputi siswa dan guru kelas 3, serta kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode drill dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak seperti mengingat dan menghafal. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan motorik seperti menulis. 2) Perkembangan kognitif peserta didik kelas 3 SDLB B dengan rentan usia 11-14 tahun tidak sesuai dengan perkembangan kognitif menurut Jean Piaget pada tahap Operasional Formal. Mereka masih dalam tahap Pra Operasional (2-7 tahun). Dalam implementasi metode drill ini masih perlu pengembangan lagi, berupa meningkatkan pemahaman guru mengenai metode pembelajaran khususnya metode drill, penyediaan fasilitas sekolah yang memadai, serta komunikasi dengan orang tua agar peserta didik selalu berangkat sekolah. Kata kunci: Metode Drill, Kemampuan Kognitif, Tunarungu, SDLB B

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Kemampuan Kognitif, Tunarungu, SDLB B
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Auliya Prima Wardhani sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:40
Last Modified: 12 Jul 2024 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item View Item