PERAN GURU FIQH DALAM KEGIATAN PROJEK PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA-PROJEK PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MTS MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Fatah, Zakariya (2024) PERAN GURU FIQH DALAM KEGIATAN PROJEK PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA-PROJEK PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MTS MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatah Zakariya_PERAN GURU FIQH DALAM KEGIATAN PROJEK PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA-PROJEK PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MTS MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemajuan dan kemunduran bangsa dilihat dari maju atau tidaknya sistem pendidikannya. Pendidikan menjadi tolak ukur yang dapat dijadikan satu patokan untuk menilai peradaban suatu bangsa. Pendidikan yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan yang baik, bukan terbatas hanya pada penyaluran nilai-nilai pendidikan saja. Pendidikan juga merupakan salah satu sarana untuk menyiapkan generasi masa kini sekaligus masa depan. Pendidikan bisa mencapai tujuan sesuai yang diharapkan tergantung banyak faktor pendukung salah satunya kurikulum yang digunakan. Di dalam Kurikulum Merdeka terdapat projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan SKL yang dinamakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitarnya. P5-PPRA bisa berjalan baik jika semua elemen pendidikan berjalan baik, termasuk didalamnya peran guru Fiqh dalam kegiatan P5-PPRA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru Fiqh dalam kegiatan projek pengembangan profil pelajar Pancasila-pelajar rahmatan lil alamin di MTs Minhajut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan tekik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Fiqh dalam kegiatan projek pengembangan profil pelajar Pancasila-profil pelajar rahmatan lilalamin di MTs Minhajutrut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga yaitu terbagi kedalam lima tahapan kegiatan P5-PPRA,peran guru Fiqh dalam kelima tahapan tersebut adalah sebagai berikut: 1) tahapan pertama (pengenalan P5-PPRA) guru Fiqh berperan sebagai moderator, fasilitator. 2) tahapan kedua (kontekstualisasi P5-PPRA) guru Fiqh berperan sebagai moderator, fasilitator, dan pembimbing. 3) tahapan ketiga (aksi) guru Fiqh berperan sebagai perencana projek, supervisor dan konsultan, fasilitator, moderator 4) tahapan keempat (refleksi P5-PPRA) guru Fiqh berperan sebagai perencana projek, supervisor dan konsultan. 5) tahapan kelima (Tindak lanjut P5-PPRA) guru Fiqh berperan sebagai perencana projek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: P5-PPRA, Peran Guru Fiqh, MTs Minjahut Tholabah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatah Zakariya sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:34
Last Modified: 12 Jul 2024 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item