IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI MA’ARIF NU BEJI PURWOKERTO BARAT BANYUMAS

Robingatun Khoerul, Nisa (2024) IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI MA’ARIF NU BEJI PURWOKERTO BARAT BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ROBINGATUN KHOERUL NISA_IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI MA'ARIF NU BEJI PURWOKERTO BARAT BANYUMAS .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2024 berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Indonesia direncanakan akan menjadi Indonesia emas, yang diintegrasikan melalui pendidikan karakter, literasi dasar, dan kompetensi Pendidikan. Pendidikan Indonesia saat ini tidak lepas dari berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Hal ini akan berpengaruh pada generasi muda, baik dampak positif ataupun dampak negatif seperti merosotnya moral yang disebabkan oleh perkembangan teknologi yang tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas diri atau budi pekerti. Karakter religius menjadi salah satu pendidikan karakter yang mampu menjadikan generasi muda yang bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter religius pada siswa melalui metode pembiasaan di MI Ma’arif NU Beji Purwokerto Barat Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian semua data dianalisis dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi karakter religius di MI Ma’arif NU Beji melalui beberapa kegiatan pengembangan diri, diantaranya pembacaan Asmaul husna, berdo’a sebelum dan setelah pembelajaran, sholat dhuha berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, hafalan juz 30, sholat dzuhur berjama’ah, membuang sampah pada tempatnya, budaya 3S (senyum, salam, sapa). Kegiatan-kegiatan pengembangan diri tersebut telah sesuai dengan indikator karakter religius dari Kemendiknas. Dalam penerapan pendidikan karakter religius MI Ma’arif NU Beji menggunakan metode pembiasaan, sehingga siswa dapat terbiasa dan menerapkan karakter religius dalam waktu yang berkelanjutan. Terdapat buku mutaba’ah yang diberikan kepada siswa sebagai buku pantauan siswa selama penerapan karakter religius di rumah masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, karakter religius, metode pembiasaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Robingatun Khoerul Nisa sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:13
Last Modified: 12 Jul 2024 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25599

Actions (login required)

View Item View Item