MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MTs ELL FIRDAUS 2 KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP

SITI, MUHSINAH (2024) MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MTs ELL FIRDAUS 2 KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_Siti Muhsinah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang fundamental bagi kehidupan manusia.Dan salah satu faktor yang sangat penting bagi terlaksanannya pendidikan adalah pembiayaan.Salah satunya adalah untuk membiayai kegiatan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen biaya operasional pendidikan di MTs Ell Firdaus 2 Kedungreja Kabupaten Cilacap sehingga ruang lingkup dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan anggaran, penggalian anggaran, penggunaan anggaran dan pertanggungjawaban. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus(case study). Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari ketiga teknik pengumpulan data,observasi adalah teknik yang tidak maksimal peneliti gunakan karena obyek penelitian yang peneliti lakukan adalah peristiwa yang sudah berlalu sehingga peneliti sulit untuk menemukan sebuah proses manajemen yang secara langsung bisa diamati.Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan anggaran dilakukan dengan menginventarisir dan memprioritaskan kebutuhan/ program kegiatan siswa, menginventarisir sumber pembiayaan, penyusunan RKAM/RAPBM dan pengesahan anggaran.Penggalian anggaran diperoleh dari iuran orang tua siswa dan dana dari Bantuan Operasional Sekolah(BOS). Penggunaaan anggaran dilakukan dengan pembelanjaan anggaran dan pembukuan keuangan. Pertanggungjawaban dilakukan dengan mengumpulkan semua data dan dokumen, menyusun laporan, pemeriksaan dan pengesahan laporan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan,Manajemen, Biaya Operasional
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SITI MUHSINAH sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:52
Last Modified: 12 Jul 2024 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25593

Actions (login required)

View Item View Item