EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

RETNO DYAH, ISLAMIATI (2024) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RETNO DYAH ISLAMIATI_EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi dan penalaran matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto masih dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel penelitian, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian berupa pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen sebesar 0,6908 dalam kategori “sedang” dan kelas kontrol sebesar 0,4369 dalam kategori “sedang”. Sedangkan, nilai rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen sebesar 0,7376 dalam kategori “tinggi” dan kelas kontrol sebesar 0,5941 dalam kategori “sedang”. Hasil uji t kemampuan koneksi dan penalaran matematis menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05. Maka, H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol. Berdasarkan data nilai rata-rata N-Gain di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan terdapat perbedaan secara signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa implementasi pendekatan matematika realistik efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RETNO DYAH ISLAMIATI sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:49
Last Modified: 12 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item View Item