IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO

Dede, Wahyu Setyadi (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dede Wahyu Setyadi_Implementasi Pendidikan Holistik Integratif dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Purwokerto_MPAI_201766003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan lembaga pendidikan di Indonesia terutama di sekolah masih menghadapi masalah karakter peserta didik. Salah satu faktor yang menyebabkan masalah ini adalah bahwa lembaga pendidikan belum memenuhi pemenuhan maksimum pengajaran holistik integratif kepada siswa. Pendidikan di Indonesia telah kehilangan nilai-nilai karakter dan masih berfokus pada penguasaan pengetahuan dan kurangnya peningkatan karakteristik peserta didik. Pendidikan seharusnya memberikan pencerahan holistik kepada peserta didik untuk membentuk pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak, spiritual, dan kemampuan sosial yang baik. Penelitian dilaksanakan dengan jenis field research yaitu menjelaskan secara nyata tentang kejadian yang berlangsung dalam implementasi pendidikan holistik integrtif dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMA Negeri 4 Purwokerto sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa paradigma pendidikan holistik integratif yang dipahami di SMA Negeri 4 Purwokerto yaitu pendekatan yang menggabungkan berbagai aspek perkembangan siswa secara menyeluruh, termasuk aspek intelektual, emosional, sosial, fisik, dan spiritual. Pendekatan ini tidak hanya fokus pada akademik semata, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan holistik integratif diterapkan di SMA Negeri 4 Purwokerto salah satunya dalam pembelajaran PAI diwujudkan dengan prinsip yang saling mempengaruhi yaitu: keterhubungan (connectedness), keterbukaan (inclusion), dan keseimbangan (balance). Ada empat faktor pendukung terlaksananya implementasi pendidikan holistik integratif dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Purwokerto, meliputi: sarana dan prasarana, religious culture atau budaya beragama, kegiatan ekstrakurikuler, dan faktor kompetensi guru. Sedangkan ada faktor pula yang menghambat implementasi pendidikan holistik integratif dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Purwokerto, yaitu: faktor guru, faktor siswa, dan faktor evaluasi. Kata kunci: holistik integratif, pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, peserta didik, SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: holistik integratif, pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, peserta didik, SMA.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Wahyu Setyadi sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:13
Last Modified: 12 Jul 2024 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25577

Actions (login required)

View Item View Item