Pengaruh Effort Expectancy, Habit, Dan Price Value Terhadap Behavioral Intention Pada Financial Technology ShopeePay Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT2) (Studi Pada Generasi Z Wilayah Purwokerto)

Kesya, Amanda (2024) Pengaruh Effort Expectancy, Habit, Dan Price Value Terhadap Behavioral Intention Pada Financial Technology ShopeePay Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT2) (Studi Pada Generasi Z Wilayah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kesya Amanda_Pengaruh Effort Expectancy, Habit, Dan Price Value Terhadap Behavioral Intention Pada Financial Technology ShopeePay Menggunakan Unified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT2) (Studi P.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini memberikan dampak yang signifikan hampir disetiap aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang membuat perubahan adalah adanya inovasi financial technology (fintech) yang hadir memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan keuangan. Jenis fintech yang paling banyak digunakan saat ini yaitu digital payment system seperti ShopeePay yang diminati oleh kalangan generasi Z. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan suatu teknologi informasi dapat menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Tiga konstruk pada model UTAUT2 yang digunakan dalam penelitian ini yaitu effort expectancy, habit, dan price value. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan ShopeePay di kalangan generasi Z wilayah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Sampel penelitian sebanyak 100 orang yang merupakan generasi Z di wilayah Purwokerto pengguna ShopeePay. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunkan adalah analisis regresi ordinal, uji korelasi rank spearman, dan uji konkordansi kendall‟s W. Berdasarkan uji korelasi rank spearman menghasilkan korelasi effort expectancy (0,648), habit (0,404) dan price value (0,562) secara parsial berpengaruh positif terhadap behavioral intention pada fintech ShopeePay di kalangan generasi Z Purwokerto. Hasil uji Kendall‟s W menunjukkan hasil sebesar 0,319 yang membuktikan adanya korelasi antara variabel effort expectancy, habit, dan price value sehingga secara simultan berpengaruh terhadap behavioral intention pada fintech ShopeePay di kalangan generasi Z Purwokerto. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup penelitian, meningkatkan jumlah sampel, dan menambah variabel-variabel lain yang mempengaruhi niat penggunaan (behavioral intention) seperti performance expectancy, social influence, facilitating conditions, dan hedonic motivation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Behavioral Intention, ShopeePay, UTAUT2
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Kesya Amanda sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:58
Last Modified: 12 Jul 2024 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25572

Actions (login required)

View Item View Item