PEMBERITAAN KERUSUHAN SUPORTER PERSIBAS DI RRI.CO.ID DAN TRIBUN BANYUMAS.COM (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI)

Hilman, Ramadhan El- Azam (2024) PEMBERITAAN KERUSUHAN SUPORTER PERSIBAS DI RRI.CO.ID DAN TRIBUN BANYUMAS.COM (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hilman Ramadhan El-Azam 2017102109.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi karena adanya fenomena perbedaan pemberitaan yang diberitakan oleh portal Tribun Banyumas.com dan RRI.co.id dalam kerusuhan suporter Persibas Banyumas. Tujuan dari penelitian ini mengkaji bagaimana framing pada struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam berita kerusuhan suporter Persibas. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan analisis framing Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk mendeskripsikan framing dari dua media massa, yaitu RRI.co.id dan Tribun Banyumas.com. Pendekatan analisis framing dalam konteks ini menitik beratkan pada pengidentifikasian, pemahaman, dan interpretasi bagaimana kedua media tersebut memilih untuk membingkai atau mengkonstruksi berita tentang kerusuhan tersebut. Data penelitian dari teks berita kerusuhan suporter Persibas Banyumas yang diunggah oleh portal berita RRI.co.id dan Tribun Banyumas.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing berita terkait kerusuhan suporter Persibas Banyumas cenderung menggunakan strategi-strategi framing yang ditentukan oleh teori framing, dengan fokus pada pengaturan struktur sintaksis, penyusunan skrip tematik, dan pemanfaatan retoris tertentu untuk membentuk persepsi publik terhadap peristiwa tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa empat struktur analisis framing Zhondang Pan dan Gerald M. kosicki dapat mempengaruhi perspektif pembaca dalam menerima informasi berita, kedua portal tersebut berbeda dalam menyajikan informasi, terlihat paling jelas ketika memberikan informasi pelaku kerusuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Kerusuhan Suporter, Persibas Banyumas
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
700 The arts > 704 Special topics
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hilman Ramadhan El- Azam sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:41
Last Modified: 12 Jul 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25548

Actions (login required)

View Item View Item